By Wesley

7 Makanan Tradisional Indonesia Yang Wajib Dicoba

Categories : Info
makanan indonesia

Indonesia terdiri dari pulau-pulau yang luas, disatukan seperti selimut kain perca. Dengan lebih dari 300 etnis, mudah untuk melihat mengapa kepulauan yang indah ini memiliki beragam rasa dan selera.

Rasa khasnya termasuk cabai, aroma kelapa yang halus, rasa jeruk, dan sedikit rasa pedas. Makanan di Indonesia seringkali beraneka ragam.

Kami telah mengumpulkan daftar 12 hidangan terbaik yang ditawarkan Indonesia.

Jadi, apakah Anda berada di Jakarta, Bali, Jawa atau Lombok, Anda akan tahu persis makanan apa yang harus dipesan!

makanan khas indonesia

Nasi Uduk
Nasi uduk adalah makanan yang terbuat dari beras kelapa yang berasal dari Jakarta. Hidangan ini adalah versi rumit dan populer dari nasi kukus biasa dan diterjemahkan menjadi “nasi campur”. Beras direndam dalam campuran santan, cengkeh, kulit kayu manis, dan serai.

Nasi Uduk memiliki tekstur yang memanjakan dan biasanya disajikan dengan bawang merah goreng. Hidangan lain bisa menemani Nasi Uduk, seperti Tempe orek , telur, dan krecek . Tidak peduli apa yang Anda sajikan dengan Nasi Uduk, itu benar-benar bersinar.

Ayam Goreng
Ayam Goreng secara harfiah berarti “ayam goreng” dan merupakan jawaban Asia untuk ayam goreng selatan. Dilapisi dengan bumbu yang kaya dan digoreng, makanan ini memiliki rasa bawang merah, bawang putih, lengkuas, dan serai, di antara rempah-rempah lainnya. Setelah marinasi, ayam dihangatkan untuk memastikan bumbu meresap.

Ayamnya digoreng hingga sempurna, dan disajikan seperti kebanyakan masakan Indonesia, dengan nasi, sambal, dan kecap manis sambal kecap. Beberapa tempat makan menyajikan Ayam Goreng dengan tempe goreng dan tahu.

Babi Guling
Jika Anda menyukai daging babi panggang yang enak, Babi Guling adalah versi Indonesia yang tidak dapat Anda lewatkan. Daging babi dilumuri kunyit, dan diisi dengan campuran bumbu basa gede yang meliputi; ketumbar, serai, bawang merah, lengkuas, cabai, terasi dan bawang putih.

Daging babi dipanggang di atas api terbuka. Disajikan dengan sepotong kulit renyah, sepotong daging yang lezat, beberapa isian di atas nasi putih kukus tradisional dengan sambal dan sayuran. Biasanya dipesan untuk acara-acara khusus. Namun, Anda akan menemukannya di restoran tradisional Indonesia yang disebut warung.

Nasi goreng
Nasi Goreng adalah hidangan nasional Indonesia dan, jika Anda pernah mengalami kekayaan budaya Bali, Anda akan tahu bahwa itu adalah hidangan nasional untuk alasan yang sangat bagus!

Nasi Goreng adalah hidangan nasi goreng ketan yang super sederhana, biasanya disajikan dengan daging, sayuran, dan telur goreng di atasnya. Ini luar biasa lezat, dengan semua yang Anda inginkan dari hidangan nasi goreng.

Bahan rahasia yang membuat hidangan ini bersinar adalah penambahan Kecap manis khas Indonesia . Saus menodai nasi dengan warna karamel yang indah. Hidangan ini disajikan dengan irisan tomat segar dan telur mata sapi goreng, dan mentimun julienne.

Mie Ayam
Ada cinta universal untuk kombinasi ayam dan mie dan Mie Ayam dengan sempurna memadukan potongan ayam yang lezat dengan mie slurpy.

Mie gandum disajikan secara al dente, dengan sedikit minyak, kecap, dan bawang putih. Daging ayam dimasak dengan kecap dan bumbu tradisional Indonesia.

Beberapa resep membutuhkan jamur dan daun bawang, dan Mie Ayam secara tradisional disajikan dengan https://usmarineweek.com/ dan porsi kaldu ayam yang sehat dan terkadang pangsit goreng yang renyah. Hidangan ayam dan mie ini benar-benar salah satu makanan jalanan terbaik yang bisa memanjakan lidah Anda!

Gado Gado
Ketika kita memikirkan salad, bayangan sayuran hijau muncul di benak kita, sementara di Indonesia saladnya sedikit lebih mengenyangkan dan bersahaja! Beraroma, mengisi, dan oh sangat enak!

Gado Gado hanya itu, salad yang mengenyangkan dan lezat yang dibuat dengan sayuran rebus, telur rebus, kentang, tahu goreng, dan kue beras tradisional yang dibungkus dengan daun pisang (disebut Lontong) yang disiram saus kacang. Tidak heran jika itu dianggap sebagai salah satu dari enam hidangan nasional.

Rawon
Rawon adalah sup daging sapi Jawa Timur yang memiliki rasa pedas dari kacang keluak. Seperti kebanyakan masakan Indonesia, cita rasa khasnya hadir. Sup kacang ini dibumbui dengan jeruk purut dan daun salam, lengkuas, serai, dan gula.

Lihat Juga Makanan Filipina: 10 Hidangan Yang Harus Dicoba Setidaknya Sekali.

Disajikan dengan nasi putih, telur asin dan diawetkan, kacang tolo goreng, dan bawang merah goreng. Di Bali, Rawon dibuat dengan daging babi, bukan daging sapi, karena penduduknya mayoritas beragama Hindu.